Minggu, 30 November 2014

BAB 12 PENERIMA




Penerima disebut dengan istilah Khalayak,sasaran, pembaca, pendengar, pemirsa, audience, decorder, atau komunikan. Khalayak adalah salah satu actor dari proses komunikasi.
Ada 3 aspek yang perlu diketahui oleh komunikator menyangkut khalayaknya:
1.      Aspek sosiodemografik komunikator yang perlu memahami hal-hal sebagai berikut :
a.       Jenis kelamin
b.      Usia
c.       Populasi
d.      Lokasi
e.       Tingkat pendidikan
f.       Bahasa
g.       Agama
h.      Perkerjaan
i.        Ideology
j.        Pemilikan media.
2.      Aspek profil Psikologid ialah memahami khalayak dari segi kejiwaan, diantaranya sebagai berikut:
a.       Emosi
b.      Bagaimana pendapat-pendapat mereka
c.       Adakah keinginan mereka yang ingin dimiliki
d.      Adakah selama ini mereka ada yang merasa kecewa,frutrasi atau dendam?
3.      Aspek karakteristik perilaku khalayak perlu dikeetahui sebagi berikut
a.       Hobi, apakah mereka umumnya suka olahraga menyanyi atau pelesiran?
b.      Nilai dan norma hal-hal apa yang menjadi tabu bagi mereka?
c.       Mobiliotas social, apakah mereka umumnya suka berpergian atau tidak ?
d.      Perilaku komunikasi, apakah kebiasaan mereka suka berterusterang atau tidak?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui data sosiodemografik, profil psikologis dan karakteristik prilaku khalayak, yakni :
1.      Survei
Cara ini hasilnya cukup akurat, hanya saja memerlukan waktu, biaya, dan tenaga yang cukup
2.      Melihat data dan protensi atau buku statistic yang ada
Cara ini lebih praktis, mudah,dan murah
3.      Wawancara
Wawancara kemungkinan memiliki keterbatasan-keterbatasan terutama dalam daya ingat dan tercampur kepentingan pribadi dari responden.

Jika seorang komunikator dituntut kemampuan untuik berbicara atau menulis, maka seorang penerima informasi dituntut kemampuan untuk bisa lebih banyak mendengar atau membaca.
James K. Van Fleet menyarankan kebiasaan mendengar dan efectif dengan cara:
1.      Melihat kepada orang yang berbicara
2.      Tunjukan pada minat apa yang ia inginkan
3.      Condongkan badan kearah orang itu
4.      Gunakan umpan balik agar ia tetap berbicara
5.      Ajukan pertanyaan bila perlu

Ada tiga macam selectivitas pesan yang bisa terjadi pada setiap penerima, yakni pemilihan informasi berdasarkan:
a.       Persepsi(Selective Perception)  persepsi ialah proses dimana seorang menyadari adanya objek yang menyentuh salah satunya pancaindranya.
b.      Denotative meaning adalah arti yang diberikan karena adanya hubungan antara isyarat dan objek secara nyata atau menurt arti yang telah disepakati bersama seprti yang terdapat dalam kamus bahasa.
c.       Connotative meaning ialah arti yang diberikan kepada suatu objek yang konotasi dengan niali seseorang , sedangkan arti yang menunjukakan arti hubungan antara satu isyarat(sign) dengan isyarat lain disebut structural meaning atau arti menurut strukturnya.
d.      Selective exposure dimaksudkan bahwa orang cendrung memilih informasi berdasarkan liputan yang senanginya. Pilihan terhadap informasi bisa menurut ideology agama,suku, dan perkerjaan.
e.       Selective retention ialah pemilihan informasi yang memberi kesan terdiri pada penerima.


Kesimpulan :
Komunikasi mempunyai penerima sebagai komunikan yaitu khalayak sasaran pembicara. Banyak aspek yang perlu diketahi seorang komunikator menyangkut komunikan yaitu aspek sosiodemografik,aspek profil psikologis dan aspek karakteristik pelaku, bagi seorang penerima informasi keterampilan komunikasi yang harus dimiliki ialah mampu memanfaatkan media komunikasi baik organic maupun mekanik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar